Selamat Datang.....
SMANA IPA 2's Blog

Laman

Senin, 06 Desember 2010

Game Review : Dead Rising 2

 
Image
Capcom memang benar-benar raja dalam dunia game bertema zombie. Setelah sukses denganfranchise Resident Evil, kali ini mereka kembali menggebrak dunia game lagi dengan game bertema zombie lainnya,
Dead Rising. Sekarang, game tersebut telah mencapai sekuelnya dan seperti halnya game pendahulunya, Dead Rising 2 ini benar-benar sangat menyenangkan dan seru untuk dimainkan.
Dead Rising 2, seperti yang sudah kami jelaskan di atas, merupakan sekuel dari game berjudul sama yang dirilis pada tahun 2006 di konsol Xbox360. Apabila sebelumnya kamu berperan sebagai seorang fotografer bernama Frank West, maka kali ini kamu akan mengendalikan karakter lain yang bernama Chuck Greene. Chuck Greene dulunya memiliki seorang istri, tapi sayang nasib buruk menghampiri istrinya dimana sang istri digigit sampai mati oleh zombie. Pada akhirnya, Chuck pun ditinggal berdua dengan sang putrinya, Katey, yang ternyata juga telah terinfeksi karena sebelumnya digigit zombie. Tapi berkat sebuah obat bernama Zombrex, penyakit tersebut berhasil ditahan.

Di dunia yang sekarang sudah hancur lebur ini, Chuck kembali menjalani karirnya sebagai seorang pembalap motor di sebuah acara yang bernama Terror is Reality (dahulunya, Chuck juga seorang pembalap motocross), dimana Chuck bersama dengan kontestan lainnya harus berhadapan dengan sekumpulan zombie yang telah dipersiapkan oleh acara tersebut menggunakan motor yang telah dimodifikasi sedemikian rupa sehingga menjadi sangat mematikan. Tujuan akhirnya? Mendapatkan uang dan mungkin dalam kasus Chuck, ia harus mendapatkan uang agar bisa membeli Zombrex bagi putrinya itu.
Setelah balapan pertama yang beresiko kematian tersebut berakhir, terjadi sebuah insiden dan sekali lagi kota yang bernama Fortune City, tempat yang menjadi setting utama dalam Dead Rising ini, kembali dilanda kekacauan dan zombie kembali merajalela di jalanan. Chuck beserta putrinya berhasil kabur ke sebuah safe house yang memang bertujuan untuk menjadi penampung para orang yang selamat apabila kejadian seperti ini kembali merebak dan mereka harus menunggu selama tiga hari di tempat tersebut, sampai pihak pemerintah menurunkan pihak militer dan menyelamatkan mereka. Sudah aman kah mereka? Memang sekilas aman, tapi Chuck memiliki masalah tersendiri. Dirinya ternyata tidak memiliki Zombrex yang bisa diberikan kepada putrinya, padahal putrinya membutuhkan obat tersebut setiap 24 jam sekali. Dari situlah, petualangan Chuck di dunia yang penuh zombie tersebut dimulai. Ia harus mencari obat bagi putrinya, menyelamatkan orang yang masih hidup dan menghabisi zombie yang berkeliaran, siap untuk menghabisi Chuck tanpa ampun.

Nah, apabila kamu dulunya sangat menyukai permainan tersebut, maka kami yakin game yang satu ini juga tidak akan berbeda. Ada banyak sekali kemiripan antara Dead Rising 1 denganDead Rising 2. Kamu masih akan tetap keluar dari safe house tersebut melalui pipa saluran udara, tiba di mal dan kamu akan mendapatkan bantuan berupa arahan dan tugas berupa misi dari seseorang yang berada di safe house melalui radio. Untuk mengerjakan itu semua, kamu memiliki waktu yang terbatas dan apabila kamu gagal memenuhi tugas kamu dalam waktu yang telah ditentukan, maka itu berarti kamu telah gagal. Selesai menjalankan tugas dan membunuh zombie akan berarti kenaikan level Chuck dan itu berarti juga, Chuck akan memiliki darah yang jauh lebih panjang, slot inventory yang lebih banyak dan tidak lupa pula banyak gerakan yang bisa kamu gunakan untuk menghabisi musuh.
Sangat mirip bukan dengan versi pendahulunya? Ya, benar sekali. Sekuelnya ini memang sangat mirip dan untungnya, sang developer dari game ini, Blue Castle Games, mampu menambahkan sejumlah fitur sehingga membuat game tersebut tetap seru dan menyenangkan untuk dimainkan. Nah, apabila kamu sekarang berpikir, yang akan berubah disini hanyalah jalan cerita dan mungkin musuh berupa mini-bos saja, maka kamu sudah salah besar. Sekarang zombie yang ada disini cenderung fokus kepada Chuck dan itu artinya, kamu harus lebih waspada dengan keadaan di sekitar kamu. Tapi itu juga berarti, kamu tidak perlu lagi terlalu pusing untuk memedulikan nasib orang-orang yang telah kamu selamatkan sebelumnya. Satu lagi hal positif dari game ini adalah ada banyak sekali tempat save. Jadi kamu tidak perlu khawatir lagi dengan hal tersebut.
Nah, tambahan yang menurut kami merupakan tambahan fitur paling seru adalah adanya kemampuan untuk menciptakan sebuah senjata baru dari peralatan-peralatan yang ada. Senjata baru ini dinamakan combo weapons. Apabila sebelumnya di Dead Rising kamu hanya bisa menggunakan senjata apapun yang bergeletakan di sana sini, maka disini, kamu bisa mengambilnya dan kamu bisa menggabungkannya dengan barang lain untuk membuat sebuah senjata yang fungsinya jauh lebih mematikan. Tentu saja kamu juga masih akan tetap menemukan banyak sekali barang-barang yang berserakan di sana sini yang bisa kamu gunakan untuk menggebuki musuh sampai tewas. Apa kelebihan yang ada dengan penggunaan combo weapons ini? Senjata ini memiliki ketahanan yang jauh lebih mantap dibandingkan senjata biasa dan dengan menggunakan senjata ini, semakin besar pula experience yang bisa kamu dapatkan.

Sama halnya dengan peningkatan level karakter Chuck yang juga merupakan salah satu elemen yang paling menarik dalam game ini. Di awal permainan, Chuck tidak akan bisa melakukan gerakan-gerakan yang bisa membantunya untuk keluar dari keadaan terdesak seperti tendangan loncat. Bahkan seiring permainan, nantinya kamu akan mencapai titik dimana kamu bisa menghabisi zombie hanya dengan sekali hajar saja. Bukan tidak mungkin juga, apabila pertama kali bermain kamu bertemu bos yang sangat sulit untuk dihabisi, tapi setelah level meningkat, kamu kembali lagi untuk berhadapan dengannya. Hasilnya? Seperti melawan anak kecil yang baru belajar berjalan.
Bagaimana dengan elemen waktu yang disertakan disini? Mungkin menurut beberapa gamer, elemen tersebut akan menjadi beban tersendiri. Tapi apabila ditilik lebih lanjut lagi, sebenarnya elemen tersebut adalah salah satu elemen yang bisa memancing rasa penasaran seseorang untuk mengetahui sesuatu. Kami yakin, saat memainkan game ini, Sentraners pasti pernah berpikir, "Apa yang akan terjadi kalau misi tersebut tidak dijalankan?" Nah, pemikiran seperti itulah yang akan memancing gamer untuk mau terus mencoba memainkannya berulang-ulang. Semuanya itu berkat kemampuan Blue Castle Games yang berhasil meracik sebuah jalan cerita yang menarik untuk diikuti.

Itu bukan berarti game ini tidak memiliki kekurangan. Menurut pendapat kami pribadi, sebagai sebuah sekuel dari sebuah game, sudah seharusnya game tersebut memiliki gambar yang jauh lebih halus dibandingkan sebelumnya. Tapi yang kami dapatkan dalam game ini adalah desain karakter yang terkesan kasar dan bahkan terkesan aneh. Bukan hanya itu, sering sekali gerakan dari para karakter dan suara yang mengisi karakter-karakter tertentu, terdengar kurang cocok dan tidak mendalami. Framerate permainan kadang bisa terlihat tidak terlalu mendukung dan patah-patah. Bahkan masalah yang biasa dihadapi oleh gamer, yakni saat loading, itupun masih tetap ada disini. Mungkin itu memang efek dari banyaknya zombie yang diikutsertakan dalam sebuah game ini. Sama halnya dengan masalah animasi yang tidak jarang terlihat kaku.
Bagaimana dengan mode permainan online multiplayernya? Sejujurnya, tidak terlalu banyak yang bisa ditambahkan lagi, apalagi setelah kamu selesai memainkan Dead Rising 2. Dalam mode onlinenya itu, kamu akan bertanding dalam sebuah mini-games dimana kamu harus bersaing dengan kontestan lainnya untuk menghabisi zombie sebanyak mungkin. Setelah menang, kamu akan mendapatkan uang yang nantinya akan dibawa juga ke dalam mode single-player kamu. Walau memang untuk masalah uang bisa terbantu dan gamenya sendiri juga menyenangkan, tapi tidak ada yang bisa dikatakan sebagai sebuah tambahan tersendiri.
Nah, selain adanya mode saingan seperti itu, mungkin yang satu ini juga bisa sedikit membuat permainan ini menjadi lebih seru (atau malah mengacaukan suasana permainan). Di tengah permainan, nantinya gamer lain bisa ikut bergabung dengan permainan tersebut dengan wujud seorang kloning Chuck Greene yang sama persis. Mungkin di satu waktu, adanya teman kamu bisa membuat permainan menjadi lebih mudah, tapi apabila kamu sedang berusaha menikmati jalan ceritanya, mungkin itu akan membuat mood bermain kamu rusak.

Komentar terakhir dari kami, Dead Rising 2 benar-benar mantap. Walau bukan sebuah game yang memiliki grafis yang paling halus sedunia, tapi game ini masih tetap bisa menjadi sebuah game yang bisa dimainkan berulang-ulang dan yang serunya lagi, semuanya itu terasa sangat menyenangkan. Temukanlah kesenangan bermain dalam game ini. Chuck masih bisa mempermainkan zombie dengan memasangkan sebuah topeng dan kamu bisa mencampur minuman serta mendapatkan pengalaman dari buku yang kamu baca. Semuanya itu masih tetap ada dan kami yakin, Sentraners akan merasa seperti memainkan kembali game pertamanya, hanya saja bedanya, game tersebut kali ini memiliki jalan cerita yang lebih seru dan tambahan lain yang tidak kalah serunya.

0 komentar:

Posting Komentar